Sektor Apartemen Akan Lebih Baik Pada Tahun Ini

Apartemenbekasi.com – Berbagai adaptasi hingga telah dimulainya program vaksin untuk pandemi Covid-19 akan terus meningkatkan potensi bisnis hingga kepercayaan pasar. Sektor apartemen yang selama ini transaksinya mengalami penurunan yang dalam pada tahun ini situasinya akan lebih baik.

Sektor apartemen seperti juga subsektor properti lainnya sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Tapi di sisi lain, kebutuhan pasar yang besar membuat potensi dari sektor apartemen tetap menjanjikan khususnya untuk wilayah Jakarta maupun kota-kota besar lain yang harga lahannya semakin mahal.

Menurut Director Research Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus, bisnis properti khususnya di segmen apartemen masih tetap menjanjikan karena konsep hunian vertikal di kota-kota besar seperti Jakarta lebih masuk akal untuk diterapkan terkait lahan yang semakin terbatas maupun daya beli mayoritas masyarakatnya.

“Ketersediaan rumah tapak pastinya akan semakin terbatas dan yang paling masuk akal memang hunian vertikal atau apartemen. Selain itu, apartemen juga cocok untuk kalangan pekerja perkotaan yang membutuhkan hunian dekat dengan tempat kerjanya sehingga lebih praktis,” ujarnya.

Karena itu kendati sektor apartemen cukup terpukul bahkan sejak beberapa tahun lalu, Anton menyebut kondisinya akan lebih baik pada tahun 2021 ini. Indikator tersebut telah terlihat sejak kuartal terakhir tahun lalu yang dari sisi pencarian telah meningkat mencapai 15 persen dan transaksi yang terjadi  juga mulai membaik.

Bukan hanya apartemen di perkotaan, beberapa produk apartemen yang terintegrasi dengan sarana transportasi publik atau konsep transit oriented development (TOD) bisa menjadi pilihan. Keberadaan sarana transportasi publik akan memudahkan aksesibilitas penghuni ke berbagai titik di kawasan Jabodetabek.

“Pemerintah juga sangat serius terkait penanganan pandmei Covid-19 dan telah memulai program vaksinasi kepada masyarakat. Hal ini akan menimbulkan confidence sehingga sektor properti secara umum akan lebih baik pada tahun ini termasuk untuk pasar apartemen,” imbuhnya.